Uang atau Tuhan?

Aku tak pernah mengerti dengan sesuatu yang menurutku hanya benda payah dan lemah namun bisa membuat manusia tergila – gila bahkan sampai “menyembah” benda tersebut.

Uang, satu kata yang bisa menimbulkan semua hal. Mulai dari persatuan hingga perpecahan, bahkan lebih gilanya lagi yang membuatku teramat sangat tidak menyukainya adalah saat uang bisa menyebabkan manusia menjadi apapun dan kemanapun. Kau bisa menjadi seorang dermawan atau pengemis, kau bisa menjadi seorang pekerja atau perampok, bahkan kau bisa ke surga atau neraka hanya karena uang!

Memang, uang hanya benda yang fisiknya kecil dan lemah. Tapi tidak serta merta mudah bisa kau rusak, kau malah bisa dipenjara jika kau merobek uang dengan sengaja.

Nilai adalah satu – satunya yang membuat uang begitu berarti hingga bisa membuat manusia menjadi apapun dan bisa membuat manusia pergi kemanapun. Jangankan membeli kebutuhan pokok, membeli harga diri dan nyawa seseorangpun kau bisa lakukan jika memiliki uang dengan nilai yang cukup!

Aku mungkin bagian kecil dari secuil manusia yang merasa uang tidak membuatku “menyembah” tapi tetap bisa membuat manusia bergantung pada uang dengan dalih uang adalah kebutuhan. Aku mengakui bahwa aku sangat membutuhkan uang, sering kali aku merasa dibuat sebal ketika aku ingin mencapai tujuan lalu tertunda hanya karena uang dengan nilai yang tinggi.

Kekuatan nilai uang inilah yang membuat benda tersebut diperlakukan seperti Tuhan dan aku yakin bagian besar dari seluruh jumlah manusia di dunia ini tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya “menyembah” uang.

Sampai aku berfikir dan bertanya pada diriku sendiri, itu uang atau Tuhan?

Bintaro, 6 November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *