Aku dan Bidang

Setiap pohon ada banyak tangkai, di setiap tangkai ada banyak ranting, di setiap ranting ada banyak daun dan buah.
Aku melihat di sekitarku ada banyak sekali pohon, namun aku baru punya satu pohon yang sudah mulai berbuah walau banyak yang belum matang.
Aku ingin punya banyak pohon, karena pohon milikku belumlah cukup untuk bisa menjadi tempat berteduh serta belum cukup memberikan daun dan buah untuk banyak tumbuhan, hewan, dan juga manusia.
Aku harus bisa menanam atau merawat atau menemukan pohon.
Agar aku bisa mewujudkan keinginanku, aku harus menjadi kuat, harus punya tekad, harus bersabar dan harus memanfaatkan segala fasilitas yang aku punya untuk menunjang keinginanku.
Aku ingin mempunyai hutan, agar mereka bisa berteduh sementara waktu dan setelah itu aku ingin mereka membuat hutannya masing masing agar hutan semakin luas untuk tempat berteduh semua mahluk hidup. Setidaknya itu keinginanku sebelum aku mati.

Pohon yang kumaksud adalah ilmu.
Setiap ilmu mempunyai bidang (tangkai), setiap bidang mempunyai sub bidang (ranting) setiap sub bidang menghasilkan keahlian (daun dan buah). Aku akan gunakan “daun” untuk tempat berteduh sementara (melatih) dan gunakan “buah” untuk bisa kunikmati bersama mereka (berbagi) agar mereka bisa menciptakan “hutan” mereka masing masing.
Aku lakukan hal ini karena aku tidak ingin “pohon” yang sudah “ditanam” dan “dirawat” mati bersama jasadku.

Ada banyak “pohon” di dunia ini, banyak hal seru yang akan kamu alami. Hidup bukan hanya perihal makan, uang, pergaulan, travel, dan cinta. Kamu akan merugi jika hanya bersanding pada kenikmatan yang sedikit dan monoton.
Tujuan bukan utama, yang utama adalah prosesnya.
Bukan berarti tujuan itu tidak penting, melainkan sebagai acuan untuk bisa mencapainya.
Jangan lupakan alam dan hewan, karena dunia ini tidak melulu soal dari manusia untuk manusia.
Dunia takkan indah jika hanya ada manusia saja tanpa alam dan hewan.

Serang, 8 oktober 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *